Perbedaan OLED dan AMOLED Layar Smartphone

Perbedaan OLED dan AMOLED Layar Smartphone
Layar LG V30

Halo sahabat semuanya. Pastinya kalian sering atau pernah mendengar istilah layar OLED dan AMOLED, atau mungkin salah satunya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai perbedaan antara layar OLED dan AMOLED. Layar AMOLED biasanya dipakai oleh smarphone flagship (smartphone unggulan) pada Samsung. Sedangkan layar OLED saat ini bisa kita lihat pada layar smarphone LG dengan seri LG V30.

Baik mari kita mulai. Pada dasarnya AMOLED adalah salah satu dari jenis OLED, jadi layar OLED itu mempunyai beberapa macam jenis dan AMOLED adalah jenis dari layar OLED. Huruf AM pada kata AMOLED adalah singkatan dari Active Matrix. Active Matrix adalah kebalikan dari teknologi yang digunakan sebelumnya pada layar OLED lain yang  menggunakan Passive Matrix.

Apa perbedaan Active Matrix dan Passive Matrix pada layar OLED?

Perbedaanya adalah Active Matrix menggunakan single pixel dalam menampilkan tiap pixelnya, ketika layarnya menyala semua pixel pada layar tsb tidak perlu aktif semua atau nyala semua. Makanya di layar oleh kepekatan warna hitamnya bisa benar-benar hitam karena bagian yg hitam tersebut bisa dimatikan pixelnya alias tidak dialiri daya listrik. Karena hal itu pula maka layar AMOLED lebih hemat energi dikarenakan layar AMOLED bisa melakukan hidup dan mati pada tiap bagian piekselnya. Jadi perbedaan antara AMOLED dan OLED adalah pada bagian metode pengaktifan pixelnya pada layar, kalau AMOLED itu pengaktifannya secara aktif sedangkan OLED standar pengaktifannya secara pasif.

Lalu OLED itu singkatan dari apa sih?

OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode, yaitu sebuah jenis teknologi LED yang menggunakan metode organik, wah kaya sayuran aja yah organik. Hehehe.. bukan itu maksudnya. Oke lanjut lagi, kelebihan OLED dibanding dengan layar LCD adalah, layar OLED tidak memerlukan lapisan penerang dibelakang layar. Karena lapisan OLED nya sendiri itu mampu memancarkan cahaya yang cukup terang untuk membuat layar bisa kita lihat dengan nyaman. Kalau sahabat pernah bongkar smarphone dengan layar LCD biasanya di belakangnya ada lapisan reflektor dan juga lapisan penerang untuk membuat layar semakin cerah. Nah teknologi OLED tidak memerlukan lapisan pencerah tersebut.



Secara garis besar teknologi layar OLED terbagi menjadi dua yaitu AMOLED dan PMOLED.

Apa perbedaan AMOLED dan POLED tersebut?

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, AMOLED adalah Activ Matrix OLED sedangkan PMOLED adalah Passive Matrix OLED. Terlihat bukan? Perbedaannya ada pada huruf depannya yaitu A dan P, aktif dan pasif.

Skema perbedaan PMOLED dan AMOLED
Skema perbedaan PMOLED dan AMOLED - credit to oled-info.com


AMOLED sudah tahu terus, apa itu PMOLED?

PMOLED yang singkatannya sudah saya sebutkan di atas tadi, PMOLED adalah teknologi OLED yang menggunakan metode passive matrix pada tiap pixel layarnya. Mekanisme begini, PMOLED mengguankan mekanisme skema pengontrollan yang sederhana yang mana pada layar tersebut tiap baris pixelnya dikontrol secara squestial (berkelanjutan, terusmenerus, berulang-ulang). PMOLED display tidak memeiliki capcitor (istilah komponen pada elektronika) untuk menyimpan dayanya pada tiap baris pixelnya.

Layar PMOLED transparan
Layar PMOLED transparan

Begitulah shabat penjelasan dari kami mengenai teknologi OLED dan AMOLED serta PMOLED. Semoga bermanfaat bagi pengetahuan sahabat sekalian ya. Jika ada pertanyaan atau komentar silahkan tulis di kolom komentar ya. Salam Tekno.

Disarikan dari berbagai sumber:
https://www.oled-info.com/pmoled
https://www.oled-info.com/pmoled-vs-amoled-whats-difference
https://www.androidauthority.com/lg-v30-poled-vs-samsung-super-amoled-797330/
https://www.phonearena.com/news/LGs-OLED-vs-Samsungs-Super-AMOLED-what-are-the-technical-differences_id97875
https://www.lg.com




Perbedaan OLED dan AMOLED Layar Smartphone Perbedaan OLED dan AMOLED Layar Smartphone Reviewed by Funny Cat on 7:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar :

Azmi Zen. Diberdayakan oleh Blogger.