Apa itu Nintendo Switch? Penjelasan detail

Apa itu Nintendo Switch
Nintendo Switch dimainkan bersama-sama
Apakah kamu adalah seorang yang menyukai game? Pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita salah satu perusahaan game dari Negara Jepang, yaitu Nintendo. Sejak didirikan pada tahun 1889, Nintendo sudah banyak memproduksi video game dan game console. Untuk game console sendiri Nintendo membaginya menjadi 2 kategori, yakni Handheld Console dan Home Console. Adapun produk kategori Handheld Console adalah Game & Watch (1980-1991), Game Boy (1989), Nintendo DS (2004), Nintendo 3DS (2011), dan seri upgrade-an nya adalah Nintendo 3DS XL (2012) dengan ukuran lebih besar. Sementara untuk kategori Home Console sendiri adalah Color TV Game (1977), Nintendo Entertainment System (di Negara asalnya disebut dengan Family Computer atau dikenal dengan Famicom tahun 1983), Super Nintendo Entertainment System (1992), Nintendo 64 (1996), Game Cube (2001), Nintento Wii (2006), Nintendo Wii U (2012), dan yang teranyar adalah Nintendo Switch (2017).

Sebenarnya pada bulan Oktober 2016 perusahaan Nintendo sudah mengumumkan secara resmi dalam waktu dekat akan memproduksi game console terbaru dengan nama Nintendo Switch. Tidak seperti generasi sebelumnya, Nintendo Swicth ini bias dimainkan dimana saja dengan alat yang bisa dilepas dan digabungkan kembali secara mudah (baca: hybrid device). Namun ketika Nintendo Switch ini dirilis, perusahaan tidak mengumumkan secara detail apa saja fitur yang akan dimiliki oleh game ini sampai pada waktu peluncuran juga fitur-fitur tambahannya. Dan kemudian pada tanggal 3 Maret 2017 Nintendo resmi meluncurkan produk serta mengumumkan harga dari game console terbarunya dan menjelaskan secara teknis bagaimana Nintendo Switch ini beroperasi. Apa saja yang kelebihan yang dimiliki Nintendo Switch, mari kita lihat...

Apa itu Nintendo Switch
Berbagi kecerian dengan bermain bersama
Perbedaan yang mendasari seri Nintendo Switch dengan generasi sebelumnya adalah menggabungkan Handheld Console dan Home Console. Bagaimana bisa? Ya…perusahaan ini merancang bagaimana sebuah game console bisa dipakai dimanapun, bisa dimainkan dirumah dengan disambungkan dengan TV, dan juga bisa dimainkan dimanapun, di mobil, di kampus, di kantor, anywhere. Nintendo Switch juga bisa dimainkan sendiri dan juga bersama-sama, tidak seperti game console pendahulunya. General Manager divisi Entertaintment Planning & Development Division (EDP) Sinya Takahashi memberikan pertimbangan pengembangan pada desain Nintendo Switch agar bisa diterima diseluruh kalangan semua belahan dunia. Perusahaan ini melakukan riset terhadap kebiasaan siswa bermain game di Jepang dengan siswa barat (Amerika dan sekitarnya).

Mereka mendapatkan hasil, ternyata kebiasaan siwa Jepang kebanyakan menghabiskan waktu sepulang sekolah untuk bermain dengan teman-temannya. Ini menandakan bahwa siswa Jepang memiliki tingkat sosial yang tinggi. Berbeda dengan siswa barat (Amerika dan sekitarnya) lebih sibuk dengan urusan pribadi sehingga jarang berkumpul dengan teman untuk sekedar bermain game. Dari alasan ini, perusahaan Nintendo berpikir keras bagaimana sebuah game console bisa meningkatkan waktu sosial siswa tersebut, namun diharapkan tidak hanya siswa saja, baik itu karyawan, anak-anak, bahkan bisa menambahkan quality time dari sebuah keluarga dan ini menjadi tujuan perusahaan mengeluarkan Nintendo Switch.

Lalu bagaimana sebuah Nintendo Switch dapat mewujudkan tujuan tersebut, saya akan ajak pembaca untuk bereksplorasi mengenai detail bentuk dan kegunaan Nintendo Switch.

Kenali lebih detail bagian-bagian Nintendo Switch

1. Nintendo Switch
    Bagian-bagian penting itu sendiri adalah main device Nintendo Switch.
Main Unit Nintendo Switch
Main Unit Nintendo Switch

Seperti terlihat pada gambar main unit ada beberapa tombol dan slot. Berikut penjelasannya:

Ukuran  : tinggi sekitar 4” x tinggi 9.4 “x lebar 0.55” atau 23.9 cm × 10.2 cm × 1.4 cm (Joy-Con menempel)
Berat :  10.48 ounces atau + 297 gram (tanpa Joy-Con) dan 14.08 ounces atau + 399 gram (dengan Joy-Con)
Layar : menggunakan Multi-touch capacitive touch screen, LCD ukuran 6.2 inch dengan resolusi 1280x720, jika dihubungkan dengan HDMI resolusi bisa sampai 1080.
CPU/GPU : main unit ini memakai NVIDIA Custom Tegra processor
Storage : 32 GB internal flash memory, dan bisa juga menggunakan microSDHC atau microSDXC card sampai 2TB pada slot yang sudah disediakan.
Networking : Nintendo Switch bisa terhubung dengan jaringan internet via wireless (IEEE 802.11) dan Bluetooth 4.1, dan jika dihubungkan dengan TV juga bisa dengan menggunakan kabel LAN namun dijual terpisah.
Audio Output : kompatibel dengan 5.1 inch  Linier PCM dan via HDMI jika menggunakan mode TV
Speaker  : Stereo
Button : tombol On/Off dan tombol volume
Headphone/mic jack : 3.55mm audio jack
Game Card Slot : game card Nintendo Switch
microSD card slot : kompatibel untuk memory card jenis microSD/microSDHC/microSDXC . jika menggunakan microSDXC, Nintendo Switch akan memperbaharui sistem dengan koneksi internet
Sensor : Accelerometer, gyroscope, and brightness sensor
Operating environment:  : 50C – 350C
Battery : Lithium-ion 4310mAh atau sekitar 2.5 – 6.5 jam. Performa baterai ini tergantung kepada jenis game yang dimainkan. Untuk memainkan game The Legend of Zelda bisa sampai + 3 jam.
Charging time : lama pengisian ulang daya sekitar 3 jam dan harus dalam keadaan Sleep Mode.

2. Nintendo Switch Dock
Apa itu Nintendo Switch
Nintendo Switch Dock
Nintendo Switch Dock ini di desain sangat gagah, ramping, namun easy to bring. Bisa diletakkan main unit dengan atau tanpa Joy-Con. Sekaligus menjadi power supply untuk mengisi ulang daya main unit Nintendo Switch serta penghubung ke TV atau HDMI.

Ukuran  : tinggi sekitar 4.1” x panjang 6.8” x lebar 2.12”
Berat : 11.53 ounces atau sekitar 327 gram
Output : terdapat 2 USB port (USB 2.0) dibagian samping dan 1 dibagian belakang, System connector, AC adapter port, serta HDMI port

Nintendo memutuskan pada seri Switch menggunakan “single-screen experience” sehingga pemain yang lain dapat melihat permainan walaupun main unit sedang tidak berada atau pada saat ditaruh di Dock. Nintendo Switch tidak memiliki fitur dual screen seperti generasi pendahulunya Nintendo Wii U dengan menggunakan GamePad.

3. Joy-Con Controllers
Apa itu Nintendo Switch
Nintendo Switch Joy-Con Controllers
Ukuran : tinggi 4.2” x panjang 1.41” x lebar 1.12”


Kiri Kanan
Berat : 48 gram 51 gram
Tombol : tombol UP/Down/Left/Right/L/ZL/SL/SR, tombol Capture, tombol Release, tombol Sync tombol A/B/X/Y/R/ZR/SL/SR/+, tombol HOME, tombol Release, tombol Sync 
Wireless : bagian kiri menggunakan Bluetooth 3.0 sedangkan bagian kanan Bluetooth 3.0/NFC
Sensor : Accelorometer & Gyroscope (sebelah kiri) dan Accelorometer, Gyroscope, Motion IR Camera (sebelah kanan)   
Vibration : HD Rumble
Battery :  sekitar 20 jam (ini hanya estimasi tergantung kepada pemakaian). Untuk pengisian ulang kira-kira 3 jam 30 menit.

4. Joy-Con Strap
Apa itu Nintendo Switch
Nintendo Switch Joy-Con Strap


Ukuran : tinggi 3.98” x panjang 0.57” x lebar 0.55”
Berat : sekitar .66 oz

5. Joy-Con Grip
Apa itu Nintendo Switch
Nintendo Switch Joy-Con Grip

Ukuran : tinggi 3.98” x panjang 5.67” x lebar 1.58”
Berat : sekitar 100 gram

Fitur-fitur Nintendo Switch


1. Joy-Con
Dengan satu atau dua Joy-Con, tegak lurus atau menyamping, sensor gerak atau menekan tombol...Joy-Con dan Nintendo Switch akan memberikan pengalaman bermain yang sangat fleksibel
Apa itu Nintendo Switch
Nintendo Switch memberikan sebuah keunggulan pada sensor gerakan yang "easy-to-use".
Apa itu Nintendo Switch
Gabungkan Joy-Con dengan Joy-Con Grip menjadi Stik Game tradisional.
Apa itu Nintendo Switch
Joy-Con bisa berbagi dengan untuk permainan pasangan.


Apa itu Nintendo Switch
Tempelkan Joy-Con pada main unit Nintendo Switch dan siap bermain
2. Share The Fun 
 Mulai bermain Nintendo Switch dengan teman-teman kapanpun dan dimanapun, gunakan Joy-Con tambahan, Nintendo Switch Pro Controllers, atau gabungan dari keduanya.
Apa itu Nintendo Switch
Fitur Share the fun Nintendo Switch

3. Parental Control

Apa itu Nintendo Switch
Tetap fokus pada kecerian anak, gunakan fitur Parental Controls 
untuk mengetahui kegiatan anak yang sedang bermain Nintendo Switch


Salah satu fitur yang diberikan oleh Nintendo Switch adalah Parental Controls, apa itu?

Parental Controls adalah sebuah aplikasi yang bisa diinstal pada smartphone orangtua untuk memonitor kegiatan anak dalam bermain Nintendo Switch. Cara kerjanya adalah orangtua dapat membatasi untuk membagikannya ke sosial media, mengakses permainan hanya berdasarkan rating game yang baik, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini bisa diunduh di Nintendo eShop dengan menggunakan akun Nintendo anda dan aplikasi ini dapat digunakan dimana saja untuk mengontrol kegiatan bermain anak-anak anda tentunya dengan sangat mudah.
Apa itu Nintendo Switch
Bermain game dimalam hari dengan keceriaan, pada saat perjalanan, atau saat kumpul dengan teman.
Pasti sebagai orang tua yang sibuk dengan pekerjaan dikantor sehingga tidak bisa mengawasi anak dengan waktu yang lama mengawatirkan ketika mereka bermain, dan sering pertanyan-pertanyan ini muncul:
Kira-kira berapa jam ya anak saya bermain game? Permainan yang dimainkan sesuai untuk umurnya ga ya? Lalu bagaimana cara saya membatasi/mengontrol mereka bermain game?   
Maka dengan aplikasi Parentals Control, orangtua tidak perlu khawatir menjaga anak dari bermain game walaupun sedang tidak berada disamping mereka. Lalu bagaimana caranya?

Apa itu Nintendo Switch

 

 Selalu awasi jumlah waktu dalam bermain

Orangtua dapat mengatur berapa lama atau waktu paling lama Nintendo Switch akan dimainkan. Ketika sudah mencapai batas waktu yang ditentukan, akan muncul notifikasi alaram dilayar. Nintendo Switch juga akan mengingat pengaturan yang sudah diatur untuk dipakai dilain waktu.
   
Apa itu Nintendo Switch
Notifikasi alaram dan suspend software

 

Pilih permainan apa saja yang boleh dimainkan

Pada saat mengatur aplikasi Parental Controls, orangtua bisa memilih permainan berdasarkan umur anak anda agar lebih mudah memilih jenis permainan yang cocok untuk dimainkan. Dan dengan mengatur umur pengguna, permainan yang dimunculkan oleh sistem hanya sesuai dimainkan untuk umur tersebut. Dalam hal ini orangtua membutuhkan sebuah PIN agar lebih aman. Orangtua juga bisa menandainya dan mengatur permainan yang sering dimainkan oleh keluarga. Aplikasi ini juga bisa menampilkan permainan apa saja yang sering dimainkan dalam jangka waktu mingguan ataupun bulanan.
Apa itu Nintendo Switch
Mengatur permainan apa saja yang bisa dimankan oleh anak.

Sesuaikan fitur online 

Setiap permainan yang disediakan oleh Nintendo Switch memiliki fitur sosial dan fitur online yang berbeda.

Dengan aplikasi Parental Controls, kita dapat
  • Membatasi untuk membagikan/sharing text atau gambar ke sosial media
  • Membatasi mengirim screenshots ke media sosial

Berikan permainan yang aman untuk buah hati anda dengan Nintento Switch

Apa itu Nintendo Switch
Bowser, salah satu karakter di beberapa Game Nintendo
  

Berapa harga Nintendo Switch?

 Harga Nintendo Switch di Amerika secara resmi dijual sekitar $299 USD atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 3,8 juta. Namun Nintendo Switch belum dijual secara resmi di Indonesia sehingga jika ada yg menjualnya di Indonesia, harganya sangat mahal. Berdasarkan beberapa informasi yang menerima order, mereka mematok harga 6 juta rupiah untuk sebuah Nintendo Switch. Hmmm... Apakah anda mau membayar mahal? Atau lebih baik sabar sebentar hingga resmi dijual di Indonesia dan harganya lebih murah? Bagaimana menurut anda?


sumber: www.nintendo.com, wikipedia

Apa itu Nintendo Switch? Penjelasan detail Apa itu Nintendo Switch? Penjelasan detail Reviewed by AdminBlog on 4:16 PM Rating: 5

Tidak ada komentar :

Azmi Zen. Diberdayakan oleh Blogger.