Apa perbedaan USIM dan SIM biasa ?



Di era digital ini mungkin tak ada orang yang tidak tau apa itu  4G LTE, dari seluruh pengguna smartphone di Indonesia telah banyak orang yang meng-upgrade smartphone-nya dari 3G ke smartphone 4G. Entah apapun alasanya yang jelas karena internet di Indonesia sangatlah seperti snail (siput), jadi wajar saja banyak pengguna smarthpone yang bermigrasi dari 3G ke 4G, tak mau kalah dengan konsumen, Provider Internetpun berlomba-lomba untuk memenuhi kepuasan dari para pelanggan mereka, dari melakukan migrasi jaringan 3G ke 4G, upgread pita frekuensi dari 800 MHz ke 1200 GHz dan masih banyak lagi yang sedang di laukan oleh Provider Internet.

Setelah membahas sedikit tentang 4G LTE di atas, kali ini penulis TeknoRaya akan membahas permasalahan - permasalahan yang sering terjadi pada pengguna smartphone.

Oke, ini dia tips kali pertama dari penulis TeknoRaya, Yang akan membahas tentang penggunaan 4G LTE di smartphone. Disini penulis menggunakan salah satu Provider Internet yang namanya sudah jelas sekali terlihat pada gambar di atas. Kita mulai saja tipsnya,

Banyak sekali orang yang bertanya - tanya,
  • "Haruskah saya mengganti Hp saya ?"
  • "Saya berada di desa, apakah saya bisa menggunakan 4G LTE ?"
  • "Bagaimana sih cara menggunakan 4G LTE, padahal kan Hp saya sudah suport sama 4G LTE" 
  • "Apa saya harus beli paket Internet yang mahal baru bisa mencicipi kencengnya internetan pake 4G LTE"
  • "Saya harus beli paket Internet yang berapa ribu, agar bisa menikmati kecepatan 4G LTE ?"
dan masih banyak lagi pertanyaan yang menyinggung tentang  4G LTE,
disini penulis hanya mengambil beberapa pertanyaan, dikarenakan pertanyaan tersebut menyinggung tentang kejadian yang terjadi di hari ini pada penulis TeknoRaya sendiri.

Saya jawab dari mulai pertanyaan pertama,
"Haruskah saya mengganti Hp saya ?"
Kalau anda mengatakan begitu, itulah jawaban yang anda berikan pada diri sendiri. Benar sekali, tapi penulis TeknoRaya menyarankan jika anda mau mengganti Hp yang lama (3G), anda harus melihat budget dulu, mau beli yang mana ? karena saat ini sudah tersedia banyak sekali varian merek dari mulai Lokal sampai Interlokal menawarkan smartphone yang mendukung konektivitas di 4G LTE, disini kita balik lagi pada berapa budget yang anda punyai penulis sarankan jika mempunyai minim budged belilah yang harganya kisaran Rp. 800.000 sampai 2 jutaan, tetapi kalau anda mementingkan tentang spesifikasi dari smartphone tersebut penulis sarankan belilah yang harganya berada pada level medium 2 juta sampai 3 jutaan. dan jika dompet anda tebal, penulis sarankan belilah smartphone yang Flagship harganya di atas 3 jutaan.
Pertanyaan yang ke dua,
"Saya berada di desa, apakah saya bisa menggunakan 4G LTE ?"
Mungkin sebaiknya anda tanyakan terlebih dahulu kepada Provider Internet yang anda sedang di gunakan saat ini, apakah di wilayah anda sudah mendapatkan jaringan 4G LTE. Biasanya, 4G LTE masih mencakup wilayah perkotaan, seperti : Kota, Kabupaten, dan paling minimal adalah Kecamatan kota. Maka dari itu tanyakan saja dulu kepada Provider Internet apakah sudah tersedia di wilayah anda, sebelum anda mengganti smartpone anda ke yang berkonektivitas 4G LTE, takutnya hanya menjadi fitur pelengkap belaka yang tersedia di smartphone anda namun mubazirnya tidak bisa di pakai karena wilayah anda belum suport dengan 4G LTE.
Pertanyaan yang ke tiga,
"Bagaimana sih cara menggunakan 4G LTE, padahal kan Hp saya sudah suport sama 4G LTE"
Nah ini yang baru dialami pada penulis TeknoRaya, cara menggunakan 4G LTE pada smartphone yang sudah suport 4G LTE tentunya kita lihat dari fitur di SIM cardnya. seperti, sudah berapa lamakah anda menggunakan simcard tersebut, kalau menggunakanya sudah dari satu atau dua tahun silam alangkah baiknya lakukan penggantian pada SIM card lama anda dengan yang baru, di ganti dengan USIM karena simcard lama tidak bisa di gunakan untuk berselancar di jaringan 4G LTE maka anda harus menggantinya. mungkin di dalam benak anda bertanya - tanya tentang "Lalu bagaimana caranya agar saya bisa mengganti SIM card biasa ke USIM ?" datangi saja kantor Provider kartu anda, seperti yang penulis lakukan, kebetulan disini penulis menggunakan kartu IM3 dan mendatangi Gellery Indosat Ooredoo, untuk menukarkan SIM biasa ke USIM, ini dia gambar dari USIM tersebut, dan jika anda yang berdomisili di dareah Depok, bisa mengunjunginya ke Calladine Square tepatnya di depan ITC Depok, sebelum kantor Wali Kota. kebetulan penulis sedang di berdomisili di Depok tepatnya di Kutek yang sedang meneruskan pendidikanya di suatu universitas.
 tampak depan USIM, taken by. penulis TeknoRaya


tampak belakang USIM, taken by. penulis TeknoRaya

pada simcardnya sendiri memang jika di lihat sepintas pada bagian kuningan tembaganya tak jauh berbeda. Jika di bandingkan dengan simcard lama anda yang belum suport 4G LTE.
tampak depan SIM, taken by. penulis TeknoRaya

tampak belakang SIM, taken by. penulis TeknoRaya

Yang menjadikan kita tahu bahwa kalau itu USIM adalah pada bagian belakang simcardnya sendiri, jika simcard lama hanya berlogokan Provider tersebut seperti gambar di atas, dan yang USIM sudah ada lambang atau bertuliskan 4G LTE pada bagian atas. namun kita kembali lagi pada Providernya, kemungkinan sih sama semua Provider, menerapkan sistem yang berlogokan 4G LTE pada USIMnya biar nggak kebingungan membedakan simcard yang sudah USIM dan SIM biasa.
Untuk mempersingkat jawaban, maka pertanyaan ke empat dan kelima penulis jawab secara bersamaan,

"Apa saya harus beli paket Internet yang mahal baru bisa mencicipi kencengnya internetan pake 4G LTE"
"Saya harus beli paket Internet yang berapa ribu, agar bisa menikmati kecepatan 4G LTE"
 Tidak harus membeli paket yang mahal, seperti apa yang di tanyakan pada pertanyaan nomer lima, penulis tadi sedikit berbincang dengan CS dari Indosat Ooredoo bahwa, minimal paketan Internet agar bisa berselancar di jaringan 4G yaitu seharga 50 ribu ke atas, jika anda sedang menikmati paket yang 30 ribu atau berapa yang sekiranya di bawah 50 ribu tidak akan bisa menikmati 4G LTE. tentunya setiap Provider berbeda - beda dalam menetapkan tarif penggunaan untuk dapat menikmati 4G LTE, tapi menurut penulis TeknoRaya rasanya tidak jauh berbeda Provider lain dalam menetapkan tarif Internet.

Sudah jelas informasinya? Jangan lupa komentar ya.. :)
Install juga aplikasi berita Ada Berita di sini:








 
Apa perbedaan USIM dan SIM biasa ? Apa perbedaan USIM dan SIM biasa ? Reviewed by Penulis TeknoRaya on 10:00 PM Rating: 5

14 komentar :

  1. saya udah ada pkt 4g, dan masih ada kuta 4g nya 11gb, tapi kartunya masih sim ternyata -_-. klo mau tuker ke usim bayar ga ya? trus pkt nya bkl ilang ga? tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sekali nggak ,,, paket quota ,, dan pulsa akan tetap sama seperti kartu awal ,,, trus untuk bayar saya berada di provider telkomsel tidak dipungut biaya sepeserpun

      Hapus
  2. @el - chanz bisa.. Silahkan datang ke gerai terdekat dan bilang mau ganti kartu dari sim ke usim. Biasanya gratis, tapi kalaupun bayar tidak terlalu mahal kok. Silahkan datang saja ke gerainya, kemudian tanya2 dengan customer servicenya. Semoga membantu.

    BalasHapus
  3. Dari jaman 3G udah pake USIM kyknya deh. SIM card itu jaman GSM dan GPRS.

    sumber: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Subscriber_identity_module#USIM

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya br ganti sim mjd usim 4g 00red00..tp anehnya kcepatan usim saya yg baru kok lelet bingit pdhal muncul bar 4g..beda klo beli kartu paket internet 00red00 4g kenceng bangett..knp y...ada yg bs ksh solusi?

      Hapus
  4. Apakah beli kartu 4g hp nya harus suport atau jaringan 4g jg...
    Coz hp saya masih jaringan 3g...

    BalasHapus
  5. apakah lenovo A6000, apa udah support indosatooredo 4g, saya udah hampir 4 bln beli hp ( lenovo A6000 , dan belum pernah saya menggunakan jaringan 4g, tetapi di counter tempat aku beli hp diberikan semacam kartu IM3, dg kuota tidak lebih dari 1 gb, pertanyaan saya apa kartu ini hangus ?....terus kalau tidak bisa terpakai, bagaimana ?...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk Lenovo A6000 sendiri sudah support 4G, kalo kartu itu hangus tidak akan muncul sinyal pada Sinyal Bar yang biasanya terletak di pojok kanan atas, kalo ngga bisa di pakai beli saja kartu im3 ooredoo yang baru, di counter-counter banyak kok dan harganya murah....
      harus di ingat juga, daerah yang agan tempatin sudah tercover 4G :)

      Hapus
  6. Gan apakah pergantian sim ke usim no nya ganti apakah tetap sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nomernya masih tetep sama gan, cuman chipnya aja yang di ganti, dan hp harus sudah support 4G :)

      Hapus
  7. Terima kasih gan penjelasannya sangat lengkap

    BalasHapus
  8. Gan.. kalo kartu uda usim. Apa pasti uda 4g ato blm ya? Cara tau nya gmn? Ane pake XL.. d cardnya ga ada logo 4g. Tp kettu nya malah uda sampe yg nanosim

    BalasHapus

Azmi Zen. Diberdayakan oleh Blogger.